Publikasi

Innofashion Show 2 Online Exhibition - Kategori Tekstil 2
08 Jun 2020

Pemahaman tentang berbagai material dalam dunia fashion sangat vital, agar desainer dapat memvisualkan konsep tersebut memanfaatkan berbagai karakteristik bahan yang digunakan.

Berikut adalah karya yang terseleksi untuk tampil dalam Innofashion Show 2, kategori TEKSTIL 2, dalam urutan kronologis.

  1. The Pink Pool (scarf) by Maria Patricia (E12190013)

Kolam renang dengan warna millennial pink, dengan motif-motif pendukung seperti payung, pelampung, dan bola kecil. Disini saya memfokuskan pada synchronized swimmer yang ada ditengah. Saya memilih synchronized swimmer karena olahraga ini adalah olahraga yang cukup unik, artistik, dan dapat menambah suasana kolam menjadi lebih ramai.

  1. Home (patchwork) by Clarissa Wirogo (E12190070)

Untuk konsep dari tugas tekstil upcycle patchwork ini, saya membuat bentuk rumah. Saya membuat rumah karena saya terinspirasi dari keadaan sekarang ini yang kita harus berada di rumah Atau "stay at home". Warna warni pada patchwork memberikan kesan yang ceria. Dengan motif ini, saya ingin membuat orang yang melihatnya menjadi ceria walaupun hanya bisa di rumah saja, tetapi kita tetap harus bersyukur dan ceria selalu.

  1. Chicken Button by Lauryn Monica Tjiptadi (E12190088)

Untuk tugas upcycle kancing ini, saya mengambil tema yaitu ayam. Saat ini Indonesia telah terjangkit oleh sebuah virus yang bernama COVID-19. Virus ini sangatlah berbahaya karena memakan banyak sekali korban jiwa di seluruh penjuru dunia dan juga penyakit ini belum ada obatnya sehingga bagi manusia yang memiliki daya tubuh yang lemah akan lebih cepat meninggal. Oleh sebab itu, saya memilih ayam karena ayam menghasilkan telur dan telur memiliki pengaruh yang sangat besar. Kita juga perlu mengonsumsi telur ayam 2 kali sehari untuk menangkal adanya virus corona yang ada di Indonesia saat ini.

  1. Es Krim Roti Singapore by Aurelia Anggita (E12190092)

Es Krim singapore adalah makanan yang digemari anak - anak hingga orang dewasa. Rasanya yang manis dan juga dingin, membuat sensasi yang unik di lidah. Tentunya ditambah dengan roti yang begitu enak menjadikan Es krim singapore ini nikmat untuk dikonsumsi pada saat hari sedang panas. Hmmm yummy! Jangan sampai meleleh ya! Yuk habis kan es krimmu!

  1. Owl (patchwork) by Maria Gabriella (E12190111)

Pada tugas patchwork kali ini, saya membuat motif Owl ( burung hantu ). Mengapa owl, karena saya tertarik dengan sifat yang dimiliki oleh hewan ini. Owl sendiri menggambarkan hewan yang bijaksana. Bahkan dalam mitologi Yunani dan Romawi, owl dilambangkan sebagai simbol kecerdasan, pendidikan, dan sihir. Bahkan owl juga menjadi lambang Dewi Athena, yang merupakan dewi kebijaksanaan.

  1. Fabric slashing by Ivana Stephanie (E12190142)

Tema yang saya ambil untuk tugas Fabric Slashing adalah "Sunset Butterfly". Saya menggunakan warna orange tua sebagai warna dasarnya yang melambangkan sunset, kemudian lapisan tengah saya gunakan warna hitam sebagai warna outline kupu-kupunya yang mencerminkan keanggunan dari seekor kupu-kupu serta pusat perhatian (karena indahnya), serta warna orange muda pada lapisan paling atas sebagai warna utama dari Sunset Butterfly. Warna orange ini mendukung warna hitam yang memiliki arti pusat perhatian karena warna orange melambangkan kepercayaan dan keceriaan Sedangkan untuk benang yang saya gunakan berwarna putih tulang dan hitam melambangkan hiasan dari kupu-kupu tersebut.

  1. Shi-Wu by Brigitta Halim (E12190165)

Desain ini terinpirasi dari perayaan Tahun Baru Cina, yang identik dengan sosok barongsai. Biasanya, barongsai merupakan sosok yang dinantikan dan keluar pada puncak acara, yang memunculkan efek meriah. Hal ini juga ingin digambarkan melalui desain ini, 4 kepala barongsai di tengah, dengan warna yang cerah, untuk menunjukan kesan meriah dan bahagia pada perayaan tahun baru Cina. Warna - warna ini juga dipilih untuk melambangkan singa barongsai ini sendiri yaitu, kekuatan. kebijaksanaan, dan keunggulan. Empat kepala barongsai melabangkan salah satu filosofi barongsai, yaitu barongsai merupakan suatu hiburan yang tidak mungkin dilakukan sendirian, dibutuhkan kerjasama yang baik antar pemain. Latar belakang kotak-kotak pada desain ini, terisnpirasi dari hiasan pintu pada rumah-rumah orang Chinese, Di mana barongsai juga sering hadir ke rumah-rumah, datang memberi hormat dan tuan rumah menyambutnya. Biasanya tuan rumah membeikan angpao, sebagai bentuk ucapan terima kasih karena barongsai sendiri dianggap dapat mengusir aura buruk dan membawa keberuntungan.

  1. Patchwork by Regina Margareta H (E12190171)

Desain mengambil bentuk dari matahari karena cahaya matahari selalu setia hadir menyinari kehidupan ini walau kadang kita tidak menyadarinya.

  1. Upcycle Button by Berlyn Valerie Cahyadi (E12190196)

Karya ini terinspirasi dari keanekaragaman hayati. Hal ini untuk mengingatkan tentang pelestarian lingkungan ini sangat indah sehingga pada karya ini saya menampilkan pohon yang indah dan seekor burung

  1. Fabric Slashing by Gerlandini Gracia Pingak (E12190241)

Konsep dari karya ini adalah lavender garden atau kebun bunga lavender yang dominan berwarna ungu.

 

(YHY)

Baca lebih lanjut>
Innofashion Show 2 Online Exhibition - Kategori Ilustrasi 2
08 Jun 2020

Sebuah perancangan busana tidak akan terlepas dari sketsa / ilustrasi. Ilustrasi diperlukan dalam berbagai hal dalam fashion: penggambaran awal konsep sebuah busana, penggambaran pattern, dan lain sebagainya. Kategori ini menampilkan karya-karya mahasiswa angkatan 2019 dari mata kuliah Ilustrasi 2.

Berikut adalah karya yang terseleksi untuk tampil dalam Innofashion Show 2, kategori ILUSTRASI 2, dalam urutan kronologis.

 

  1. Illustrasi Art by Berlyn Valerie Cahyadi (E12190100)

Ilustrasi art ini terinspirasi dari pakaian gigi hadid pada suatu acara bergengsi.

 

  1. Stay Stylish During The Pandemic by Ivana Ranita (E12190235)

Ilustrasi ini menggambarkan fashion yang dapat dipakai dalam pandemi korona ini saat ingin keluar rumah agar tetap aman, dengan jacket lengan panjang serta celana panjang dengan kantong agar tangan dapat dimasukkan, sepatu tertutup, tak lupa masker serta topi dengan pelindung wajah. Tetap stylish ditengah pandemic korona!

 

  1. Doctor VS Corona by Gerlandini Gracia Pingak (E12190241)

Terinspirasi dari dokter-dokter yang sedang berjuang melawan wabah virus corona. saya menggambar seorang dokter yang menggunakan masker yang sedang berjalan dengan background virus disamping-sampingnya.

 

(YHY)

Baca lebih lanjut>
Innofashion Show 2 Online Exhibition - Kategori Sewing 2
08 Jun 2020

Sewing atau menjahit adalah salah satu unsur utama dalam dunia fashion. Mahasiswa DFT dibekali dengan Mata Kuliah Sewing untuk mewujudkan konsep atau tema yang sudah tersusun menjadi wujud nyata produk fashion. Kategori berikut berisi karya-karya mahasiswa angkatan 2018 dari mata kuliah Sewing 2.

Berikut adalah karya yang terseleksi untuk tampil dalam Innofashion Show 2, kategori SEWING 2, dalam urutan kronologis:

  1. Mechanic Girl by Tiffany (E12180001)

Terinspirasi dari trend jumpsuit 2020 yang sudah disederhanakan untuk pekerjaan bengkel dan dikombinasikan dengan kain indonesia berupa kain lurik, Selain itu memiliki desain baju dengan bentuk asimetris agar terlihat kesan kreatif dan ulet yang cocok untuk pekerjaan bengkel wanita.

  1. Safari Gems by Prajna Paramita (E12180230)

Wanita sendiri diibaratkan sebuah permata cantik tetapi sebuah permata perlu tempat yang indah untuk terlihat lebih berkilau, sama halnya penjaga kebun binatang wanita perlu pakaian yang dapat menunjang keindahannya sebagai bentuk perawaatan diri. Pakaian baju kerja untuk penjaga kebun binatang untuk wanita, desain dibuat lebih stylish, desain celana didesain skirt-pants agar terlihat modis dan celana selutut agar lebih mudah bergerak. Dengan dukungan Batik Indonesia yang dalam motifnya seperti menyerupai sebuah permata. Batik digunakan juga untuk memperkuat kebudayaan kita.

      3. Hype Wear by Angelica Artajaya (E12180229)

Trend street style sekarang sangat banyak diminati oleh kaum muda baik laki- laki maupun perempuan. Design Hype Wear ini menggunakan kain parasut dan reflective stripe sebagai bahan utama agar terlihat stylish. Dengan penambahan kain poleng yang menambah motif khas Indonesia. Pakaian untuk pekerja di arena balap mobil ataupun petugas parkir mobil yang telah didesign agar lebih modern dan bisa tetap modis digunakan oleh wanita. (YHY)

Baca lebih lanjut>
Innofashion Show 2 Online Exhibition - Kategori Fashion Design 2
08 Jun 2020

Fashion Design adalah mata kuliah bagi mahasiwa menciptakan produk fashion, bisa dalam bentuk apa saja. Mereka dapat menuangkan konsep atau ide yang didapatkan dari hal-hal di sekeliling mereka, mewujudkannya secara fisik ,dan mempresentasikannya. Karya yang terseleksi kali ini berbentuk aksesoris.

Berikut adalah karya yang terseleksi untuk tampil dalam Innofashion Show 2, kategori FASHION DESIGN 2:

 

Crystalite Headband by Tiffany (E12180001)

Membuat aksesoris rambut yang memiliki gaya Asia dengan terinspirasi dari bunga sakura yang memiliki beragam simbol untuk mengekspresikan keterkaitan antar manusia, keberanian, harapan, dan kegembiraan. Dengan menggunakan bahan plastik untuk membuat bunga dan dihiasi oleh kristal dibeberapa sisinya. (YHY)

Baca lebih lanjut>
Innofashion Show 2 Online Exhibition - Kategori Dasar Desain 2
08 Jun 2020

Kategori Dasar Desain 2 berikut berisi karya-karya mahasiswa angkatan 2019 dari Mata Kuliah Dasar Desain 2, di mana mahasiswa mempelajari elemen-elemen dalam desain dan bagaimana membangun sebuah desain yang ideal dari dasar tersebut.

Berikut adalah karya yang terseleksi untuk tampil dalam Innofashion Show 2, kategori DASAR DESAIN 2, dalam urutan kronologis. 

  1. Blouse by Nathalia Catherina (E12190100)
  2. Outerwear by Michelle Angelina (E12190009)
  3. Outerwear by Maria Patricia (E12190013)
  4. Blouse by Ivana Stephanie (E12190142)
  5. Outerwear by Ivana Ranita (E12190235)
  6. Blouse by Gerlandini Gracia (E12190241)
  7. Blouse by Clarissa Wirogo (E12190070)
  8. Outerwear by Clarissa Valensia (E12190119)
  9. Technical Drawing by Michelle Angelina (E12190009)
  10. Technical Drawing by Ivana Ranita (E12190235)

Selamat dan tetap berkarya mahasiswa DFT UK. Petra. (YHY)

Baca lebih lanjut>
Innofashion Fair 2019
10 Jan 2020

Innofashion Fair 2019 merupakan showcase hasil karya tugas mahasiswa Desain Fashion dan Tekstil selama 1 semester bersama dengan Program Studi DKV dan Program International Digital Media (IDM). Tahun ini, Innofashion fair menampilkan sejumlah karya mahasiswa DFT angkatan 2018-2019 dari mata kuliah Dasar Desain 1, Digital Fashion, Fashion Design 1, Fotografi 1, Tekstil, Fashion Sewing dan Teknik Pola. Acara yang diadakan tanggal 28-29 November 2019 ini  juga dimeriahkan dengan talkshow “How Millennials are changing the Fashion World” oleh Fashion Designer ternama Surabaya Aan Soekardi.

Innofashion Fair adalah platform bagi mahasiswa DFT untuk menampilkan karya selama satu semester akan memberikan banyak pengalaman bagi mereka. Mahasiswa belajar untuk kompetitif, menampilkan yang terbaik, belajar manajerial, kemampuan bekerja sama dalam tim yang kesemuanya sangat bermanfaat ketika mereka lulus.

Baca lebih lanjut>
Peresmian Gedung Perkuliahan dan Auditorium Kampus Timur
18 Mar 2019

Senin 11 Maret 2019 merupakan hari bersejarah bagi kampus UK. Petra, Gedung dan Auditorium Kampus Timur akhirnya diresmikan. Peresmian ini dihadiri oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak. Peresmian dibuka dengan meriah dan dihadiri civitas akademika UK. Petra.ini berlangsung dari jam 

Gedung ini diperuntukkan bagi perkuliahan beberapa fakultas, yaitu: Fakultas Seni dan Desain, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Sastra, dan Fakultas Pendidikan. Gedung ini juga dirancang sebagai green building sehingga dapat menghemat energi. Hadirnya gedung ini diharapkan lebih mendukung proses kegiatan belajar-mengajar di lingkungan kampus UK. Petra

 

Sumber Foto: Dwipekan Article

Baca lebih lanjut>
Informasi Seleksi Mahasiswa Baru Jalur Umum
17 Des 2018

UK Petra kembali membuka pendaftaran mahasiswa baru tahun akademik 2019/2020 melalui Jalur Umum.

Ujian seleksi kami adakan di beberapa kota di Indonesia, sebagai berikut:

Wilayah

Tgl Ujian Seleksi

SURABAYA

19 Januari 2019

MALANG, JEMBER, KEDIRI, MADIUN, SEMARANG, SURAKARTA, YOGYAKARTA

20 Januari 2019

BALIKPAPAN, BANJARMASIN, MAKASSAR, SAMARINDA, TANJUNG SELOR, TARAKAN

27 Januari 2019

MANADO

2 Februari 2019

DENPASAR, SINGARAJA, MATARAM, PALU, JAYAPURA

3 Februari 2019

AMBON, KUPANG, PALANGKARAYA, BATAM,  PONTIANAK, BOGOR

17 Februari 2019

Informasi selengkapnya mengenai prosedur, peryaratan, jadwal,dan tempat ujian, dapat Bapak/Ibu/Sdr baca di http://pmk-online.petra.ac.id/JadwalJUJanuari/tabid/82/Default.aspx

Baca lebih lanjut>
Launching Program Desain Fashion & Tekstil (DFT)
24 Agu 2018

Inovasi desain, kekinian, dan punya nilai jual,  itulah fokus dari Program Desain Fashion dan Tekstil (DFT) Universitas Kristen Petra (UK Petra) Surabaya yang baru menjalani perkuliahan sejak pertengahan Agustus 2018 lalu. “Mahasiswa akan mendapatkan ilmu pola busana dari basic anatomi sehingga mereka bisa menghasilkan karya kontemporer yang menjawab masalah fashion sekaligus dekat dengan kepedulian sosial. Misalnya mengusung ide zero waste fashion hingga fashion untuk difabel”, ujar Maria Nala Damajanti, S.Sn., M.Hum. selaku koordinator program DFT UK Petra.

“Pembukaan program ini merupakan respons terhadap himbauan Presiden Joko Widodo agar perguruan tinggi gesit dalam melakukan perubahan sebagai antisipasi era distrupsi ini. DFT hadir untuk memberikan peluang mengembangkan energi kreatifnya khususnya di bidang industri kreatif.”, ungkap Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M.Eng. selaku rektor UK Petra. Pogram yang berada di bawah naungan Program Studi Desain Komunikasi Visual (Prodi DKV) ini memuat 144 SKS, yang diselesaikan dalam 4 tahun.

DFT UK Petra akan mengajarkan konsep-konsep problem solving melalui fashion. “Kami menyebutnya ‘innofashion’, inovasi di bidang fashion yang tidak hanya punya dampak positif pada lingkungan tetapi yang memiliki nilai komersial. Inovasi bisa dilakukan dengan memanfaatkan lokal konten seperti tenun ikat, jumputan, batik dan lain-lain. Sekaligus memberdayakan masyarakat lokal dan memberi nilai sosial. ‘Innofashion’ merupakan nyawa atau inti dari semua karya fashion yang dihasilkan.” ujar Maya.

Menghadirkan pengajar profesional di bidang fashion seperti Embran Nawawi, seorang fashion designer Surabaya, Aryani Widagdo, pendiri Arva School of Fashion, FX Heru seorang tenaga ahli fashion dan tekstil di Kementerian Perindustrian, sekaligus fashion designer dan pelaku industri fashion dan tekstil yang karyanya sudah banyak diekspor ke luar negeri. Serta Anne Avantie nama besar yang tak asing dalam industri fashion tanah air.

Program DFT UK Petra mengenalkan prinsip ethical fashion dan sustainability selain mengajarkan dasar desain fashion dan tekstil, branding, sejarah fashion, teknik menjahit manual hingga menggunakan software dan pengasahan minat seperti ke bidang aksesoris, fashion styling/wardrobe, fashion venture, atau jewelry. Lulusan DFT UK Petra akan menjadi desainer yang memiliki solusi kreatif serta bisa menghasilkan looks yang tak biasa serta ‘epik’.

Pada semester pertama, mahasiswa akan belajar mengenai desain fashion dari hal yang paling fundamental. Mulai dari pengetahuan dasar desain, warna, hingga komposisi. Tak hanya itu saja, para mahasiswa akan belajar sejarah budaya Indonesia termasuk sejarah fashion Asia dan seluruh dunia. Pada tiap akhir semester mahasiswa akan mendesain baju dengan menerapkan konsep inovasi sesuai minat masing-masing mahasiswa.

Baca lebih lanjut>
Kreativitas Tanpa Batas - Anne Avantie
15 Jun 2018

Pada tanggal 23 Mei 2018, Annie Avantie, desainer kebaya kondang; berkesempatan untuk membagikan pengalamannya kepada pada mahasiswa Desain Komunikasi Visual UK. Petra. Acara ini sekaligus sebagai pembuka rangkaian acara soft launching Program Desain Fashion & Tekstil (DFT). Program baru ini nantinya akan berada dibawah naungan Program Studi Desain Komunikasi Visual.

Acara dihadiri oleh sekitar 30 mahasiswa DKV UK. Petra peminatan Mata Kuliah Pilihan Fashion. Hadir juga dosen DKV, dosen DFT, dan beberapa undangan dan alumni DKV UK. Petra yang berkecimpung di bidang fashion. Acara berlangsung dengan lancar.

Anne Avantie membagikan pengalamannya selama lebih dari 30 tahun berkecimpung di dunia fashion dengan penyampaian yang lugas, mahasiswa pun antusias mengikuti kegiatan ini. Berbagai pengalaman, tips, dan wejangan dibagikan oleh Anne Avantie kepada mahasiswa.

Baca lebih lanjut>
Menampilkan 1-10 dari 10 item.